Pelatihan Teknis New SIGA (Sistem Informasi Keluarga) Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2022

Dok. Humas

Pelatihan Teknis New SIGA yang diselenggarakan pada 21-25 Februari 2022 dibuka secara langsung oleh Plt. Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Tengah, dr. M. Fitriyanto Leksono, M.Si. (22/02)

Dalam sambutan dan arahannya, Plt. Kepala menyebutkan bahwa ketersediaan Data dan Informasi yang dikelola dalam Sistem Informasi Keluarga (SIGA) merupakan perwujudan Amanat UU 52/2009, UU 23/2015, PP 87/2014, dan Perka BKKBN tentang Pengelolaan Data Rutin Program Bangga Kencana. Data Rutin dan Informasi yang dihasilkan dijadikan sebagai dasar Perencanaan, Monitoring Kinerja serta Peta Kerja Intervensi pada setiap tingkatan wilayah, sehingga dibutuhkan data yang valid dan akurat untuk mendukung pengambilan kebijakan secara tepat.  

Pengelolaan data rutin sedang berada pada masa transisi dari Statistik Rutin 2013 menjadi Sistem Informasi Keluarga (SIGA) yang direncanakan akan diberlakukan secara penuh pada tahun 2022. Perubahan krusial yang menjadi prinsip pengembangan SIGA adalah integrasi sistem sebagai upaya “One and Single Data” dengan mengintegrasikan Sub Sistem Pelayanan Kontrasepsi, Sub Sistem Pengendalian Lapangan dan Sub Sistem Pendataan Keluarga.

Sub Koordinator Bidang Penyelenggaraan dan Evaluasi, Junaidi, SE dalam penyampaian laporan panitia menjelaskan bahwa dalam rangka pemberian data layanan New SIGA yang berkualitas diperlukan SDM yang berkualitas dari tingkat pusat sampai dengan tingkat lini lapangan. Sehingga kegiatan ini diselenggarakan dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan penyamaan persepsi pengelolaan data sistem informasi New SIGA.

Pelatihan yang bertempat di Ruang Belajar Latbang Perwakilan BKKBN Provinsi Kalteng ini diikuti secara tatap muka oleh 42 orang peserta yang terdiri dari Kasi Pengelola Data PD Kab/Kota, Perwakilan dari DINKES/Faskes Kab/Kota, dan penyuluh KB. Selain itu kegiatan ini juga ditayangkan secara daring melalui Zoom Meeting dan kanal Youtube ‘Perwakilan BKKBN Kalteng’ agar dapat diikuti oleh Petugas pencatatan dan pelaporan pelayanan KB pada Faskes Kab/Kota, Bidan Praktek Mandiri yang melakukan pelayanan KB, PKB/PLKB PNS dan Non PNS.

(humas)