TINGKATKAN KUALITAS KETURUNAN, PLT. KEPALA BKKBN PROV.KALTENG HARAPKAN MASYARAKAT KONSUMSI BERAS YANG MENGANDUNG ZINC

Humas bkkbn kalteng: Pelaksana Tugas Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Kalimantan Tengah dr. M. Fitriyanto Leksono, M.Si meminta kepada masyarakat, agar mengkonsumsi beras yang mengandung zinc.

Langkah tersebut untuk meningkatkan kualitas sperma yang nantinya akan berdampak pada keturunan. Hal ini disampaikannya saat menghadiri Pemilihan Duta Genre Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah di Hotel Aquarius Palangka Raya, Selasa malam (21/6/22).

Untuk mendukung program tersebut pihaknya sudah berkerjasama dengan Bulog untuk mengedukasikan masyarakat agar mengkonsumsi beras yang mengandung zinc, atau beras lokal yang memiliki kadar serat dan vitamin yang bagus.

“Sehingga dengan konsumsi beras tersebut, kualitas spermanya menjadi bagus, dan akan lebih bagus lagi apabila wanitanya bibit unggul, dan laki-lakinya bibit unggul dalam kesehatanya serta tidak merokok Insyaallah anaknya nanti tidak beresiko stunting,” ucapnya.

Karena tahun 2045 itu merupakan masa keemasan, yang dimana kualitas sumber daya manusianya bagus. Selain itu juga kita punya program dapur sehat atasi stunting, program tersebut menggunakan makanan lokal di wilayah setempat, terutama protein hewani untuk meningkatkan kualitas gizi di 1000 hari pertama kehidupan.

Selain itu, karena sebentar lagi Hari Pers Nasional (HPN), dirinya meminta kepada Ketua PWI Kalteng, Haris Sadikin untuk memberikan edukasi tentang stunting melalu media pers. Karena menurutnya suara jurnalis itu lebih didengar oleh masyarakat.