PERWAKILAN BKKBN PROV.KALTENG EVALUASI TUGAS TPK DI KAB. KOBAR DAN LAMANDAU SETELAH MENGIKUTI ORIENTASI TAHUN 2021

Humas bkkbn kalteng: Bidang Pelatihan dan Pengembangan Perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Tengah menugaskan Tim terdiri dari Ka. Sub.Koordinator Program dan Kerjasama Restu Krisnata, S.Psi, M.Si, Ka. Sub. Koordinator Tata Operasional Kedikltan Evi Meilintina, S.Pd dan Staf Balatbang Jamilah, S.I.Kom untuk melakukan Pembinaan Pasca Pelatihan ke Kabupaten Kotawaringin Barat dan Kabupaten Lamandau.

Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka mengevaluasi bagaimana tindaklanjut serta pelaksanaan Tugas Tim Pendamping Keluarga yang telah mengikuti Kegiatan orientasi bagi Tim Pendamping Keluarga yang dilaksanakan pada Tahun 2021 yang lalu.

Dalam kegiatan pembinaan ini, Tim Bidang Pelatihan dan Pengembangan melakukan wawancara dengan PD Dalduk KB masing-masing Kabupaten (Kotawaringin Barat dan Lamandau) serta Kader Tim Pendamping Keluarga (terdiri dari Kader KB, Kader PKK dan Kader IBI) yang telah mendapatkan orientasi.

Dari hasil wawancara diketahui secara umum di Kabupaten Kotawaringin Barat dan Kabuputaten Lamandau masih terdapat banyak kendala yang dihadapi oleh Tim Pendamping Keluarga baik dalam mengikuti kegiatan orientasi maupun dalam melaksanakan tugasnya. Masalah jaringan untuk mengakses aplikasi terkait pendampingan keluarga, permasalahan luas wilayah dan jarak antar wilayah yang di bina,  serta keterbasatan informasi yang diperoleh cukup menjadi hambatan.

Namun demikian, pihak Kabupaten mengharapkan adanya komunikasi dan koordinasi yang lebih intens dengan Perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Tengah, tujuannya selain untuk mendapatkan informasi terbaru dengan lebih cepat juga dapat menjadi motivasi yang cukup berarti bagi Pihak Kabupaten dan Tim Pendamping Keluarga yang melaksanakan Tugas di lini lapangan.

Kegiatan di Kotawaringin Barat dilaksanakan di ruang rapat Kantor DP3AP2KB Kab. Kotawaringin Barat pada hari Rabu 18 Mei 2022 yang di dampingi oleh Edy Darmawan Tharli (Penata Kependudukan dan KB DP3AP2KB Kab. Kotawaringin Barat) dan di Kab. Lamandau kegiatan dilaksanakan di balai penyuluh KB Semantu Jaya pada hari Kamis 19 Mei 2022 yang di dampingi oleh Ismy Khairiyah dari DP3AP2KB Kab. Lamandau.

Restu Krisnata di sela kegiatan  menjelaskan “ dalam waktu dekat yakni awal Juni nanti akan di adakan pelatihan fasilitator tim pendamping keluarga berbasis e-learning sebanyak 3 angkatan dimana pesertanya terdiri dari perwakilan PD dalduk dan KB Kab/Kota, IBI Kab/Kota, TP PKK Kab/Kota, dan Koordinator Balai Penyuluh Kab/Kota”.