KOMITMEN DALAM PENURUNAN STUNTING KOBAR IKUTI APEL SIAGA TPK NUSANTARA BERGERAK

Kamis, 12 Mei 2022, Kabupaten Kotawaringin Barat mengikuti Apel Siaga Tim Pendamping Keluarga (TPK) Nusantara Bergerak dalam Upaya Percepatan Penurunan Angka Stunting bertempat di Ruang Rapat Seketariat Daerah, Apel Siaga secara virtual (hibrid) ini berlangsung serentak secara nasional yang diikuti setiap daerah se-Indonesia. Kegiatan ini dihadiri oleh 30 peserta yang terdiri dari Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Forum Koordinasi Perangkat Daerah, Dinas DP3Ap2KB beserta jajaran, Pengadilan Negeri, TNI-AU, Kejari, Kodim, Bappeda, Polres, IBI, Dinas Kesehatan, Perwakilan BKKBN Provinsi, Satgas PPS Provinsi, Satgas PPS Kab. Kotawaringin Barat , PKK, PKB/PLKB dan TPK.
Kepala DP3AP2KB Kabupaten Kotawaringin Barat, Agus Basrawiyanta, S.Pd, MT menyatakan bahwa “Secara nasional, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) menghadirkan Tim Pendamping Keluarga sebagai langkah preventif dalam membantu mengatasi permasalahan stunting (anak lahir dalam keadaan kerdil) di Indonesia.
Gerakan Tim Pendamping Keluarga merupakan sebuah gerakan preventif, promotif dan Tindakan Tim Pendamping Keluarga membantu jalannya komunikasi pada tenaga kesehatan sekaligus memberikan informasi dan edukasi kepada masyarakat,” ungkap Agus Basrawiyanta, S.Pd, MT.
Kemudian Dalam memberikan pendampingan dan edukasi, Tim Pendamping Keluarga akan memantau kondisi keluarga melalui kunjungan ke rumah, berkomunikasi pada calon pengantin yang ingin menikah akan diberikan pendampingan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan seperti periksa Hemoglobin (Hb) dalam darah, mengukur tinggi badan serta berat badan minimal tiga bulan sebelum melaksanakan pernikahan, Tandas Agus Basrawiyanta, S.Pd, MT
Dalam kegiatan ini dilaksanakan pengucapan ikrar oleh Tim Pendamping Keluarga dari Kelurahan Madurejo dan Kelurahan Raja. Kemudian dilakukan juga penyerahan data keluarga beresiko stunting secara simbolis oleh Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM Pemerintah Daerah Kotawaringin Barat Ir. Bambang Dajtmiko, M.Si kepada Ibu Siti Maryam selaku Tim Pendamping Keluarga dari Desa Madurejo.
(Tim Kotawaringin Barat : Utami dan Dewi)