APEL SIAGA TPK NUSANTARA BERGERAK DI KOTA PALANGKA RAYA

Kamis, 12 Mei 2022 BKKBN menggelar Kegiatan Apel Siaga Tim Pendamping Keluarga Nusantara Bergerak dalam rangka komitmen percepatan penurunan stunting di Indonesia.
Kegiatan apel siaga juga dilaksanakan serentak di seluruh Kabupaten/ Kota se- Indonesia, termasuk di Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah. Pelaksanaan apel siaga di Kota Palangka Raya bertempat di kantor Walikota Palangka Raya dan dihadiri oleh 31 undangan yang terdiri dari Kepala Dinas dan Sekretaris Dinas DP3AP2KB Kota Palangka Raya, Kepala Dinas Sosial, Kepala Dinas Kesehatan, Bpk. Camat Jekan Raya, Asisten III Bidang Kesejahteraan rakyat, Ketua IBI Kota Palangka Raya,Kodim 1016 Palangka Raya, Polresta Palangka Raya, TP-PKK Palangka Raya, Kader TPK, dan Technical Assistant Satgas Percepatan Penurunan Stunting.

Dalam sambutannya dr. Hasto Wardoyo, Sp.OG(K) menyampaikan bahwa stunting perlu dicegah sejak merencanakan kehamilan, gizi sebelum menikah perlu diperhatikan bagi calon pengantin, bagi calon perempuan dianjurkan untuk melakukan pengukuran LILA dan Hb untuk menyiapkan kondisi Ibu sebagai upaya pencegahan stunting. Pencegahan stunting dapat dilakukan mulai dari hari pertama kehidupan sampai 1000 hari kehidupan.

Pada penutupan, disampaikan statement stakeholder (Bpk Moeldoko Staf Kepresidenan, Gubernur Subang, Menko PMK) bahwa perlu kontrol agar tujuan pencegahan stunting tercapai. Merupakan tugas bersama untuk membentuk generasi yang berkualitas menjemput Indonesia emas 2045 dimana penduduk usia muda lebih banyak, bergerak bersama sehingga menjadi budaya untuk menciptakan generasi bebas stunting.

Dalam kegiatan apel siaga di Kota Palangka Raya dilakukan penyerahan data sasaran keluarga berisiko stunting secara simbolis oleh Kepala Dinas DP3AP2KB Kota Palangka Raya dan Kepala Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya kepada Tim Pendamping Keluarga