APEL SIAGA TPK NUSANTARA BERGERAK DI KABUPATEN BARITO TIMUR

Kamis (12/5/2022) dalam rangka meningkatkan komitmen Tim Pendamping Keluarga (TPK) dalam sebuah “Gerakan Pendampingan Keluarga” dalam Upaya Percepatan Penurunan Angka Stunting di Indonesia, maka diselenggarakan Apel Siaga TPK Nusantara Bergerak serentak di seluruh kabupaten di Indonesia termasuk di Kabupaten Barito Timur yang bertempat di Ruang Rapat Bupati Barito Timur di Tamiang Layang.

Kegiatan Apel Siaga TPK di Kabupaten Barito Timur ini dihadiri sebanyak 45 peserta yang terdiri dari Bupati Barito Timur beserta jajarannya, Forum Koordinasi Perangkat Daerah, Asisten III selaku Plt. Kepala Dinas P3AKB, RSUD, Kepala Dinas Mitra Kerja, Camat, PKB/PLKB, dan TPK.

Dalam sambutannya dr. Hasto Wardoyo, Sp.OG (K) menyampaikan peran penting setiap kader TPK. Bidan mempunyai ijin praktek medis di masyarakat dan menjadi rujukan pertama di masyarakat, PKK sebagai peran sentral di masyarakat, serta PKB/PLKB yang paling mengetahui kondisi sasaran beresiko stunting di masyarakat.

Dalam kegiatan ini dilaksanakan pengucapan ikrar oleh Tim Pendamping Keluarga serta penyerahan data keluarga beresiko stunting secara simbolis oleh Bupati Barito Timur kepada 3 Tim Pendamping Keluarga dari Desa Mangkarap dan Desa Tamiang Layang Kec. Dusun Timur, serta Desa Taniran Kec. Banua Lima.