Depan > Index Berita > MUARA JAAN WUJUDKAN BONUS DEMOGRAFI PATAHKAN MOTTO “BANYAK ANAK BANYAK REJEKI”
MUARA JAAN WUJUDKAN BONUS DEMOGRAFI PATAHKAN MOTTO “BANYAK ANAK BANYAK REJEKI”
Kamis, 27 Oktober 2016

Perwakilan BKKBN Kalteng Online - Muara Jaan : Selasa, 25 Oktober 2016 kemarin menjadi hari pencanangan kampung KB Tingkat Kabupaten di desa Muara Jaan, Kecamatan Murung, Kabupaten Murung Raya. Kegiatan pencangan kampung KB ini merupakan tindak lanjut dari program Nasional yang telah dicanangkan oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo pada tanggal 14 Januari 2016 di Cirebon, Jawa Barat.

Muara jaan 1.JPG


Dihadiri oleh Bupati Murung Raya Drs. Perdie MA, Kepala SKPD se Kabupaten Murung Raya, Mitra Kerja ,PKK, IBI, dari Kementrian Agama, tokoh agama, tokoh masyarakat, pemuka agama, camat se Kabupaten Murung Raya, kepala desa, para penyuluh KB serta masyarakat di lingkungan Kecamatan Murung.

Muara jaan 2.JPG


Kegiatan tersebut berlangsung meriah diawali dengan laporan ketua panitia yang dibacakan oleh Kepala BP3AKB Kabupaten Murung Raya Dra. Lynda Kristiane menyatakan bahwa masyarakat Muara Jaan sangat antusias dalam mempersiapkan acara pencanangan kampung KB, mulai dari pembersihan kampung sampai pemasangan tenda, dan perlengkapan lainnya, selain itu tim penyuluh KB yang dibantu oleh tim dari dinas kesehatan turut membantu kegiatan dalam pelayanan kesehatan dan pelayanan KB Gratis sehari sebelum Bupati resmi mencanangkan Desa Muara Jaan sebagai kampung KB.

Muara jaan 4.JPG


Adapun Profil desa dibacakan oleh Kades Muara Jaan Ardiansyah menerangkan keadaan desa dengan jumlah penduduk 681 jiwa serta jumlah keluarga 157 KK dengan mata pencaharian sebagian besar adalah petani yaitu sebanyak 157 orang, kepala desa berharap “dengan dicanangkan dan dibentuknya Desa Muara Jaan ini sebagai kampung KB maka kedepannya akan ada kemajuan didalam kehidupan masyarakatnya sehingga kehidupan keluarga dan ekonomi di Desa Muara Jaan akan semakin meningkat dan berkualitas.”

 

Mewakilai sambutan Kepala BKKBN RI, Bambang Dwiatmoko, S.Sos, MM selaku Direktur Bina Kesertaan Keluarga Berencana Jalur Swasta, menyampaikan betapa pentingnya bonus demografi.

Bonus demografi adalah buah dari keberhasilan dalam mengendalikan laju pertumbuhan penduduk, bonus demografi berpotensi mendorong pertumbuhan ekonomi dan pendapatan per kapita. Intinya bonus demografi adalah kekayaan sumber daya manusia yang dapat dijadikan sebagai generasi masa depan untuk membangun bangsa dengan memanfaatkan sumber daya alam dengan baik.”

Dalam sambutannya Bupati Murung Raya sangat mendukung program Keluarga Berencana yang tertuang dalam kegiatan pembentukan kampung KB Tingkat Kabupaten ini. “Pembentukan Kampung KB ini merupakan salah satu program revolusi mental berbasis keluarga untuk membangun karakter bangsa Indonesia, khususnya masyarakat di Muara Jaan. Masyarakat harus bisa mematahkan motto banyak anak banyak rejeki” ujar Perdie dalam sambutannya Beliau berharap pencanangan tidak berhenti sampaii disini, selanjutnya harus ada hasil sebagai wujud gerakan dari program KB yang mampu bersinergi dengan program pendidikan, kesehatan dan lingkungan dan program lainnya.”

Mengingat Program Kampung KB ini adalah amanat langsung dari Presiden, maka Kampung KB diharapkan dapat menjadi Program yang berintegrasi dengan berbagai Program Pembangunan lainnya, sehingga perwujudan cita-cita pembangunan Indonesia yang tertuang dalam 9 Agenda Prioritas Pembangunan (NAWACITA), khususnya Agenda Prioritas ke-3 ‘’Memulai Pembangunan dengan Memperkuat Daerah-daerah dan Desa-desa dalam Kesatuan Negara Republik Indonesia” dan Agenda Prioritas ke-5 “Meningkatkan Kualitas Hidup Manusia Indonesia” dapat terwujud.

Dengan  ditandai pemukulan gong oleh Bupati Murung Raya dan di saksikan oleh seluruh undangan dan masyarakat maka secara resmi  dicanangkannya  Desa Muara Jaan sebagai Kampung KB Tingkat Kabupaten.

Selesai meresmikan, Bupati Murung Raya meninjau pos pelayanan kesehatan dan KB gratis, yang hari itu mendapat akseptor implan sebanyak 14 orang, bongkar pasang implan 1 orang, pil 4 orang dan suntik 5 orang. [WQ]