Kaper Lantik 3 Pejabat Fungsional PKB

Sebanyak 3 orang tenaga fungsional Penyuluh Keluarga Berencana dilantik melalui mekanisme pengangkatan pertama di lingkungan Perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Tengah pada hari Jum’at, 28 Mei 2021. Ketiga PKB tersebut dilantik langsung oleh Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Tengah, Mhd. Irzal, SE., ME di aula belajar Balatbang. Pelantikan tersebut disaksikan langsung oleh Direktur Perencanaan Pengendalian Penduduk BKKBN RI, DR. Munawar Asikin, S.Si., MSE.

PKB yang dilantik tersebut diantaranya Kalsum Persada Nasution, SKM (PKB Kabupaten Kotawaringin Timur) Salmani, SKM (PKB Kabupaten Kapuas), dan Wawan Hari Purnomo, S.Pd (PKB Kabupaten Sukamara) yang mengikuti pelantikan secara daring. Tujuan pelantikan yang diselenggarakan pada hari ini merupakan pengalihan dari ASN Pemerintah Daerah ke Jabatan Fungsional Perwakilan BKKBN Provinsi Kalteng.

Dalam pelantikan tersebut Irzal mengatakan Penyuluh KB merupakan salah satu sumber kesuksesan program Pembangunan Keluarga, Kependudukan, dan Keluarga Berencana (Banggakencana) di lini lapangan. Selain itu, Kepala Perwakilan mengatakan salah satu yang menjadi fokus utama PKB di lapangan adalah bagaimana bisa menyampaikan program-program di lapangan menggunakan kearifan lokal, sehingga pesan-pesan dapat tersampaikan dengan baik dan mudah diterima oleh masyarakat.

Lebih lanjut, Kalteng merupakan daerah yang sangat luas serta akses menuju daerah satu ke daerah lainnya masih terdapat yang belum sempurna menjadi tantangan yang harus dihadapi PKB di lapangan. Oleh karena itu, Irzal berpesan dalam arahannya kepada pejabat yang baru dilantik agar menunjukkan kinerja yang lebih baik, bekerja dengan penuh tanggung jawab, jujur, disiplin, serta mengatur waktu untuk menjalankan tugas, sehingga mampu menjadi contoh bagi masyarakat. “Saya tekankan, anda sudah menandatangani pakta integritas, bukan hanya tanda tangan di atas kertas saja, artinya anda harus menjalankan apa yang tertuang di pakta integritas tersebut,” tegas Irzal.

 

Oleh: Adithiya Wiradinatha Saputra