Tugas Rumah Tangga Untuk Si Kecil

Pekerjaan rumah tangga bukan merupakan tugas orang tua saja, namun si kecil dapat ikut berperan dalam menyelesaikan pekerjaan rumah tangga. Membantu orang tua dalam mengerjakan pekerjaan rumah tangga dapat membantu mengajarkan anak tentang pentingnya rasa kepedulian. Hal ini penting agar anak tidak sepenuhnya mengandalkan orang tua dan asisten rumah tangga, harapannya, saat dewasa ia dapat menjadi pribadi yang tidak manja.

Melakukan tugas rumah memberikan rasa pencapaian dan kebanggaan serta melatih anak dalam keterampilan praktik yang akan menjadi bekalnya di masa yang akan datang kelak. Manfaat memberi tugas rumah ke anak yakni membangun kemandirian anak, mengajarkan anak soal tanggung jawab, melatih anak tentang keteraturan dan menjaga kebersihan, serta membuat anak merasa jadi bagian dari tim rumah tangga.

Aktivitas pekerjaan rumah tangga yang diberikan tentu harus sesuai dengan standar usia anak, agar tidak menjadi beban bagi mereka. Tugas yang dapat diberikan kepada anak yakni:

  1. Membersihkan lantai dengan vacum cleaner
  2. Mengepel lantai
  3. Menyapu
  4. Membuang sampah dan mengganti plastiknya dengan yang baru
  5. Membersihkan debu dengan kemoceng
  6. Melipat baju sendiri
  7. Membantu mencuci baju

Hal yang diperhatikan oleh orang tua ketika anak telah menyelesaikan pekerjaannya yakni selalu ucapkan terima kasih kepada mereka, hal ini bertujuan agar dapat menambah semangat sang anak.

 

Oleh: Adithiya Wiradinatha Saputra