Gunakan Masker, Minimalkan Corona

Saat ini hampir sebagian masyarakat Indonesia kian sibuk untuk mencari masker untuk melindungi diri dari Virus Corona SARS-CoV-2 yang menyebabkan penyakit COVID-19. Pada awal kemunculannya di Indonesia, pemerintah menganjurkan pemakaian masker hanya bagi mereka yang merasa kurang sehat saja. Namun sekarang, pemerintah mengimbau agar masyarakat dapat memakai masker terutama saat bepergian pada masa pandemi Virus Corona seperti sekarang ini.

Hal ini mengingat karena Virus ini mudah sekali menular kepada siapa saja salah satunya lewat droplet. Penyebaran melalui droplet terjadi ketika orang sedang terkena batuk atau bersin sehingga mengeluarkan percikan cairan yang mengandung kuman. Apabila percikan cairan berisi kuman ini memasuki mata, mulut, atau hidung orang yang sehat, orang tersebut dapat tertular penyakit.

Mengutip dari laman www.alodokter.com jenis masker sangat beragam. Beberapa diantaranya tidak mampu untuk menangkal Virus Corona. Hingga saat ini, terdapat dua jenis masker yang disarankan kepada masyarakat, yaitu:

  1. Masker bedah, merupakan jenis masker yang mudah sekali dijumpai oleh masyarakat serta sering digunakan oleh tenaga medis ketika sedang bertugas. Masker bedah dapat dijadikan pilihan untuk mencegah penyebaran Virus Corona karena memiliki lapisan yang mampu menghalau percikan air liur.
  2. Masker N95, merupakan masker yang cenderung lebih mahal dari masker bedah, hal ini karena masker ini tidak hanya mampu menghalau percikan air liursaja, namun juga partikel kecil di udara yang mungkin mengandung virus. Masker N95 terasa lebih ketat pada wajah karena telah didesain untuk menutupi hidung dan mulut orang dewasa. Penggunaan masker ini tidak disarankan untuk anak-anak karena ukuran masker ini terlalu besar sehingga tidak dapat memberikan perlindungan yang cukup.

Mengingat jumlah korban penderita penyakit COVID-19 di Indonesia bahkan Kalimantan Tengah terus bertambah, Perwakilan BKKBN Kalteng mengimbau kepada masyarakat agar dapat mematuhi anjuran dari pemerintah tersebut guna meminimalisir penyebaran penyakit COVID-19 yang mewabah hingga saat ini. “Gunakan masker ketika hendak bepergian, patuhi anjuran dari pemerintah, karena sekarang kita sedang berhadapan dengan yang tidak terlihat,” tegas Dison, Kepala Bidang Advokasi, penggerakan, dan Informasi Perwakilan BKKBN Kalteng.

Penulis : Adithiya Wiradinatha Saputra