#Dirumahaja Momen Penting Untuk Edukasi Anak

Saat ini, hampir seluruh wilayah di Indonesia tidak terkecuali Kalimantan Tengah mengalami dampak dari adanya pandemi Virus Corona SARS-CoV-2. Semua kegiatan sekolah dilakukan menggunakan metode online dari rumah, begitu juga halnya dengan karyawan kantor. Semua ini dilakukan agar dapat mencegah laju penyebaran Virus Corona. Hal ini berarti, kegiatan keluarga terpusat di rumah.

Berawal dari permasalahan ini, Perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Tengah, mengimbau kepada seluruh keluarga agar dapat memanfaatkan kegiatan selama berada di rumah dengan berbagai kegiatan positif yang mampu menambah keakraban satu dengan lainnya. Ada banyak kegiatan yang dapat dilakukan bersama keluarga ketika berada di rumah agar tidak membosankan. Berikut ini adalah kegiatan-kegiatan yang dapat dilakukan keluarga selama berada di dalam rumah:

  1. Menjelaskan kepada anak tentang Virus Corona dengan bahasa yang mudah dipahami. Beritahu anak bahwa untuk menjaga diri dari Virus Corona adalah dengan rajin mencuci tangan, beretika batuk dengan benar, meningkatkan daya tahan tubuh, dan sebagainya.
  2. Menjelaskan kepada anak mengapa ia belum dapat bertemu dengan teman-temannya hingga saat ini, serta menjelaskan kepada anak mengapa semua aktivitas dilakukan di rumah tidak seperti biasanya.
  3. Menjelaskan kepada anak bahwa meskipun berada di rumah, kita tetap harus rajin bekerja.
  4. Mendampingi anak ketika melakukan kegiatan SFH (School From Home).
  5. Melakukan aktivitas menyenangkan dan positif di rumah seperti membaca buku, melukis, belajar berhitung, dan sebagainya.
  6. Mengajak anak melakukan aktivitas fisik di rumah, seperti berolahraga ringan, bercocok tanam atau berkebun, dan lain-lain.
  7. Mengajari anak agar senantiasa meyakini kebesaran Tuhan dengan contoh dari Virus Corona ini.

Di tengah pandemi ini, diharapkan agar setiap keluarga di Indonesia khususnya Kalimantan Tengah dapat mewujudkan berbagai kegiatan tersebut selama berada di rumah, agar dapat meminimalisir penyebaran Virus Corona khususnya di dalam keluarga. “Ambil sisi positif dari apa yang sedang terjadi sekarang, jadikan situasi ini agar keluarga dapat berkumpul dan menambah keakraban,” tegas Dison, Kepala Bidang Advokasi, Penggerakan, dan Informasi, Perwakilan BKKBN Kalteng.

 

 

Penulis : Adithiya Wiradinatha Saputra