Hidup Sehat, Kunci Cegah Corona

Virus Corona SARS-CoV-2 yang menyebabkan penyakit COVID-19 merupakan virus yang sangat berbahaya bagi kalangan masyarakat. Virus ini dapat dengan mudah menular kepada siapa saja seperti lewat droplet. Penyebaran melalui droplet terjadi ketika orang sedang terkena batuk atau bersin sehingga mengeluarkan percikan cairan yang mengandung kuman. Apabila percikan cairan berisi kuman memasuki mata, mulut, atau hidung orang yang sehat, orang tersebut dapat tertular penyakit, seperti salah satunya COVID-19 yang mewabah saat ini.

Memperhatikan perkembangan kasus penyebaran penyakit COVID-19 yang sudah berdampak luas dan menjadi pandemi secara dunia, Perwakilan BKKBN Kalteng mengajak seluruh masyarakat agar dapat mempraktekkan pola hidup sehat dalam aktivitas sehari-hari. Berikut ini merupakan cara yang dapat dilakukan keluarga selama berada di rumah yaitu:

  1. Makan makanan bergizi seimbang, yakni menu yang terdiri dari beranekaragam makanan dalam jumlah dan proporsi yang sesuai, sehingga memenuhi kebutuhan gizi seseorang guna pemeliharaan dan perbaikan sel-sel tubuh.
  2. Rajin berolahraga serta istirahat yang cukup. Durasi ideal berolahraga, yaitu cukup dengan waktu 30 menit hingga satu jam. Apabila olahraga di atas satu jam, justru akan membuat daya tahan tubuh menjadi lemah dan rentan. Terkait kondisi Virus Corona yang semakin mewabah, dianjurkan untuk berolahraga di dalam rumah.
  3. Minum air putih sebanyak 8 gelas/hari. Hal ini karena sekitar 50-70% tubuh manusia terdiri dari air. Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga tubuh dengan minum air putih agar mencegah dehidrasi pada tubuh.
  4. Makan makanan yang dimasak dengan sempurna serta tidak makan daging dari hewan yang berpotensi menularkan penyakit/virus.
  5. Mencuci tangan secara rutin menggunakan sabun dengan air mengalir.
  6. Menjaga kebersihan lingkungan sekitar.
  7. Tidak merokok.
  8. Bila merasa demam serta sesak nafas, dapat segera menghubungi petugas kesehatan.
  9. Sebagai orang yang beriman, kita wajib selalu berdoa dalam setiap aktivitas.

Menurut Dison, Kepala Bidang Advokasi, Penggerakan, dan Informasi, Perwakilan BKKBN Kalteng, keluarga berperan penting dalam mencegah Virus Corona ini, karena keluarga merupakan sumber pendidikan yang pertama. “Keluarga merupakan kunci utama dalam mengajarkan anggota keluarganya mempraktekkan pola hidup sehat terkhusus dalam mencegah Virus Corona yang saat ini menjadi masalah dalam bangsa kita,” tegas Dison.

 

Penulis : Adithiya Wiradinatha Saputra