#Dirumahaja Cegah Corona Bersama Keluarga

#Dirumahaja Cegah Corona Bersama Keluarga

Virus Corona SARS-CoV-2 yang menyebabkan penyakit COVID-19 saat ini telah menyebar luas hingga ke berbagai wilayah di Indonesia, tidak terkecuali Kalimantan Tengah. Virus ini merupakan wabah yang mudah sekali menular, sehingga pemerintah dengan cepat mengimbau seluruh masyarakat untuk tetap tinggal dirumah untuk meminimalisir jumlah korban.

Sejalan dengan hal ini, Perwakilan Badan kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Provinsi Kalteng, mengajak kepada seluruh masyarakat agar dapat mencegah COVID-19 dengan melakukan aksi dari 8 fungsi keluarga (agama, sosial budaya, cinta kasih, perlindungan, reproduksi, pendidikan, ekonomi, dan lingkungan) khususnya selama berada di dalam rumah. Aksi yang dapat dilakukan yaitu:

  1. Keluarga yang beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa selalu rutin beribadah, serta tidak panik dalam menghadapi wabah Virus Corona yang terjadi saat ini.
  2. Keluarga mampu melakukan interaksi kepada semua orang serta mampu meningkatkan rasa cinta tanah air dengan bergotong royong menjalankan arahan dari pemerintah.
  3. Keluarga merupakan tempat mencurahkan cinta dan kasih sayang, keluarga harus memiliki rasa empati, serta bertanggung jawab agar tidak menjadi perantara virus/penyakit.
  4. Keluarga harus membangun rasa aman dan nyaman serta terlindungi dari paparan virus/penyakit.
  5. Keluarga selalu menjaga dari ancaman yang menurunkan kualitas kesahatan, terkhusus kepada anak balita, ibu hamil dan lanjut usia.
  6. Setiap keluarga agar membangun rasa percaya diri melalui interaksi keterdidikan, menyampaikan nilai, dan memastikan setiap anggota keluarga menjalankan etika dalam kehidupan sosial, termasuk menerapkan etika menutup mulut saat batuk, menggunakan masker saat berada di luar rumah, serta selalu menjaga kebersihan terutama mencuci tangan dengan sabun.
  7. Keluarga dapat menanamkan pola hidup hemat. Menjaga dan memelihara kesehatan adalah manusia yang tahu betapa mahalnya biaya berobat dan susahnya kehilangan kebahagiaan.
  8. Keluarga memperhatikan kebersihan, dan kelestarian lingkungan serta bersama masyarakat sekitar membangun semangat gotong royong agar terhindar dari paparan Virus Corona yang mewabah saat ini.

Di tengah pandemi ini, diharapkan setiap keluarga di Indonesia khususnya Kalimantan Tengah dapat mewujudkan aksi tersebut selama berada di rumah. Disamping itu, sesuai anjuran dari pemerintah agar setiap masyarakat untuk belajar dari rumah, bekerja dari rumah dan beribadah di rumah, maka keluarga dapat meminimalisir penyebaran Virus Corona khususnya di dalam keluarga. “Diharapkan, seluruh keluarga di Kalteng dapat menjalankan aksi dari 8 fungsi keluarga tersebut selama berada di rumah bersama keluarga,” tegas Dison, Kepala Bidang Advokasi, Penggerakan, dan Informasi Perwakilan BKKBN Kalteng.

 

Penulis : Adithiya Wiradinatha Saputra