Salam GenRe BKKBN, Penuh Makna Untuk Remaja Indonesia

Remaja adalah masa peralihan dari anak-anak menuju dewasa. Kehidupan remaja merupakan kehidupan yang sangat menentukan bagi kehidupan masa yang akan datang. Indonesia merupakan salah satu negara yang mempunyai jumlah remaja yang terbilang banyak. Proyeksi jumlah remaja saat ini yaitu 64 juta jiwa, atau sekitar 27,6% dari total penduduk Indonesia (Sensus Penduduk 2010).

Mengingat jumlah yang sangat besar ini Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional mempersembahkan sebuah slogan yang penuh dengan makna yaitu Salam GenRe. Salam GenRe (Generasi Berencana) merupakan slogan dari BKKBN yang ditujukan khusus kepada kalangan remaja Indonesia.

Salam GenRe mengacungkan tiga jari yaitu, jari tengah, jari manis, serta jari kelingking. Kemudian, jari telunjuk dan jari jempol membentuk lingkaran. Makna pada lingkaran dari jari telunjuk dan jari jempol adalah zero atau nol yang menggambarkan tidak melakukan tiga hal. Pertama, adalah tidak melakukan pernikahan pada usia dini. Kedua, adalah tidak melakukan seks pranikah. Kemudian ketiga, adalah tidak mengkonsumsi napza (narkotika, psikotropika, dan zat aditif). “Salam GenRe sebagai bentuk pengucapan yang menjadi tekad untuk menghindari hal negatif pada persoalan remaja saat ini,” tegas Dison, Kepala Bidang Adpin Perwakilan BKKBN Kalteng.

Salam GenRe saat ini telah menjadi icon BKKBN dalam pendekatannya kepada para remaja di Indonesia agar dapat belajar memahami dan mempraktekkan perilaku hidup sehat dan berakhlak untuk mencapai ketahanan remaja. Langkah BKKBN dalam menyebarluaskan Salam GenRe pada kalangan remaja bertujuan agar dapat membentuk generasi yang berkarakter, mengetahui, memahami, dan berperilaku positif tentang kesehatan reproduksi untuk meningkatkan derajat kesehatan reproduksi dan menyiapkan kehidupan berkeluarga dalam meningkatkan kualitas generasi mendatang. Karena generasi berencana bukan tidak mustahil akan melahirkan generasi emas bagi Indonesia kedepan.

 

Penulis             :    Adithiya Wiradinatha Saputra