Kaper Hadiri Langsung Pembukaan Pemilihan Duta Genre Gunung Mas

Kuala Kurun – Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Kalteng, Mhd. Irzal beserta jajaran menghadiri secara langsung proses pembukaan pemilihan Duta Generasi Berencana dan Ajang Kreativitas Remaja tingkat Kabupaten Gunung Mas tahun 2020 (5/03/2020).

Pemilihan Duta Genre dan Ajang Kreativitas Remaja penting dilakukan, mengingat pada era milenial saat ini program Banggakencana penuh dengan tantangan yang cukup kompleks. Salah satu tantangan yang dihadapi yakni berkaitan dengan ketahanan remaja. Berdasarkan proyeksi penduduk pada tahun 2015 menunjukkan bahwa jumlah remaja di Indonesia mencapai lebih dari 66 juta jiwa. Artinya, 1 dari setiap 4 orang penduduk Indonesia adalah remaja. Jumlah yang sangat besar tersebut adalah potensi yang memerlukan pengelolaan yang terencana, sistematis, dan terstruktur agar dapat dimanfaatkan menjadi modal pembangunan kedepan. Berbagai masalah seputar remaja seperti seks pranikah, aborsi, kawin muda, Infeksi Menular Seksual (IMS), serta Narkotika, Psikotropika, dan Zat Adiktif (NAPZA) yang semakin lama kian mengkhawatirkan.

Oleh karena itu, melalui kegiatan ini, peserta yang terpilih nantinya mampu untuk mengkampanyekan berbagai masalah seputar remaja, baik di lingkungan masyarakat maupun sekolah. Hal ini penting untuk dilakukan mengingat persoalan seputar remaja terus melanda generasi muda. Disamping itu, kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan pemahaman, kreativitas, bakat, keterampilan serta sportivitas remaja.

Hadir secara langsung dalam pembukaan kegiatan ini yaitu Bupati Kabupaten Gunung Mas, Jaya S Monong. Beliau mengatakan, pihaknya sangat mendukung kegiatan dari BKKBN, sebab menurutnya selaras dengan program prioritas nasional yang dicanangkan oleh Presiden RI yaitu membangun sumber daya manusia yang unggul dan cerdas. “Program Generasi Berencana ini jika terus dilakukan maka saya yakin permasalahan remaja khususnya di Kabupaten Gunung Mas dapat ditekan,” kata Jaya S Monong.

Sementara itu, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Kalteng, Mhd. Irzal, menuturkan kegiatan ini merupakan salah satu program positif dari BKKBN yang dilakukan setiap tahun dalam rangka menciptakan sumber daya manusia yang unggul, berintegritas, dan mampu menjadi agen perubahan. “Kami dari BKKBN menyusun program pembangunan keluarga untuk anak-anak remaja melalui program Penyiapan Kehidupan Berkeluarga bagi Remaja,” tutur Mhd. Irzal.

 

Penulis             :   Adithiya Wiradinatha Saputra