Pelayanan KB di Kecamatan Karusen Janang desa Dayu Kabupaten Bartim

BKKBN KALTENG GELAR LAYANAN KB GRATIS
Barito Timur : Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Provinsi Kalimantan Tengah Melakukan Pelayanan KB gratis untuk masyarakat Kecamatan Karusen Janang Desa Dayu Kabupaten Barito Timur pada kamis 06/02/2020. Kegiatan dilaksanakan di Balai Penyuluhan Keluarga Berencana Kecamatan Karusen Janang bekerjasama dengan Dinas Dalduk dan KB Kabupaten Barito Timur.
Kepala Perwakilan BKKBN Prov.Kalteng Mhd. Irzal, SE, ME dalam sambutannya antara lain mengatakan ” makna alat kontrasepsi KB adalah mengatur jarak kehamilan atau mengatur jarak melahirkan sehingga seorang ibu punya waktu yang banyak, yang lapang untuk mengasuh, mendidik anaknya dalam rangka menjadikan keluarga yang berkualitas”
Disisi lain Kabid KB/KR Uwanfrid, SH juga menjelaskan bahwa pelayanan KB gratis ini diprioritaskan untuk MKJP (Metode Kontrasepsi Jangka Panjang) dan peserta yang mendaftar dalam pelayanan ini mencapai 120 orang, ini merupakan jumlah peserta yang sangat besar dibandingkan dengan wilayah lain saat dilakukan pelayanan KB di kab.Bartim. Dan keberhasilan ini tentunya tidak terlepas dari dukungan penuh dari Pemerintah Kabupaten yang telah secara langsng ikut terlibat dalam kegiatan ini baik itu dari Dinas Dalduk dan KB, Camat dan Kepala Puskesmas dan menurut Uwanfrid, SH yang paling dominan dalam keberhasilan pengumpulan jumlah peserta ini adalah kepedulian dan semangat PKB Kecamatan Karusen Janang.(AG)