Tes IVA, Cegah Kanker Lebih Dini

Kuala Pembuang – Dinas Kesehatan Seruyan melalui Puskesmas-Puskesmas rutin melaksanakan pemeriksaan IVA (Infeksi Visual Asam Asetat), pencegahan dini kanker rahim (serviks).

Kepala Dinas Kesehatan Seruyan Mahdiniansyah mengatakan, belum lama ini pemeriksaan IVA, tes serviks dilaksanakan di Puskesmas Pembuang Hulu, Kecamatan Hanau, dan juga dilakukan pemeriksaan kanker payudara dan pelayanan KB secara gratis.

“Alhamdulillah respons masyarakat sangat positif, ada sekitar 150 orang melakukan tes IVA guna deteksi dini kanker serviks dan kegiatan juga langsung dihadiri Wakil Bupati Seruyan Iswanti,” ujarnya.

Menurutnya, pemeriksaan secara dini terhadap bahaya kanker serviks sangat diperlukan, agar dapat terdeteksi secara ini bila ada gejala penyakit tersebut, agar bisa ditangani secara baik.

Untuk itu, Mahdiniansyah mengingatkan masyarakat untuk selalu waspada terhadap penyakit kenker dengan secara rutin melakukan deteksi dini. Salah satunya penyakit kanker leher rahim (serviks) dengan pemeriksaan IVA.

“Seluruh Puskesmas di Seruyan tahun ini kami programkan untuk melaksanakan kegiatan pemeriksaan kanker leher rahim, jadi kaum perempuan mari manfaatkan layanan pemeriksaan yang di gelar di setiap Puskesmas,” pesannya.

Sementara, Wakil Bupati Seruyan Iswanti, mendukung penuh upaya yang dilakukan Dinas Kesehatan Seruyan dalam rangka pencegahan penularan kanker leher rahim ini.

Sebab menurutnya, berdasarkan data, kanker leher rahim menempati urutan kedua kasus terbanyak pada wanita di Indonesia dan menduduki penyebab kematian nomor satu bagi wanita di Indonesia.

Diperkirakan dalam setiap harinya terjadi 41 kasus baru kanker leher rahim dan 20 wanita meninggal dunia karena kanker tersebut.

“Kita dukung penuh upaya Dinas Kesehatan dalam melakukan upaya pencegahan kanker leher rahim,” tegasnya.

 

Sumber : RADAR SAMPIT, 10 Mei 2019