Legislator Dukung Program Kampung KB

PALANGKA RAYA – DPRD Kota Palangka Raya menyambut baik program Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P2KBP3A) Kota Palangka Raya yang kini mulai menjalankan di tengah-tengah masyarakat salah satunya melalui Program Kampung Keluarga Berencana (Kampung KB).

Anggota Komisi C DPRD Kota Palangka Raya Ferry S Lesa menyatakan, pihaknya mengapresiasi upaya pemerintaah kota (pemko) dalam upaya pengendalian penduduk dan pembangunan keluarga untuk kesejahteraan masyarakat.

“Kami sangat mendukung langkah konkrit pemerintah di lapangan dalam upaya meningkatkan dan pemerataan kesejahteraan. Namun kerja sama lintas elemen sangat diperlukan agar program ini bisa berkelanjutan dan tepat sasaran,”kata Ferry kepada Tabengan, Rabu (6/2).

Menurut Ferry, pihak terkait tak hanya terbatas dalam menangani permasalahan dan upaya pengendalian penduduk saja, tetapi juga hingga kepada upaya meningkatkan kesejahteraan keluarga melalui pembangunan lintas sektor.

Salah satunya melalui program berupa pembentukan kampung KB, yang merupakan program Dinas P2KBP3A di tingkat kelurahan. “Inilah mengapa dukungan satu sama lain dengan sektor-sektor pembangunan terkait lainnya dalam mengisi berbagai kegiatan di Kampung KB nantinya sangat diperlukan,”katanya.

“Program seperti ini tidak bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat bila tidak ditunjang program lain seperti dari dinas kesehatan, dinas pendidikan, dinas sosial, dsb. Jadi harus terintegrasi,” tambah politisi PDIP tersebut.

Sebelumnya, Senin (4/2) kemaren dalam menandai tercapainya 100 hari kerja efektif Walikota dan Wakil Walikota Palangka Raya periode 2018-2023, telah dilakukan layanan KB keliling serta pencanangan wilayah Jalan Mendawai menjadi salah satu Kampung KB di Kelurahan Palangka.

Eddy Sunarto, Kabid Pengendalian Penduduk pada Dinas P2KBP3A Kota Palangka Raya mengatakan jika saat ini telah dicanangkan sejumlah kampung KB yang berada di Kelurahan Palangka, Kelurahan Pahandut Seberang, dan Kelurahan Tangkiling. Dari enam kampung KB yang telah terbentuk sebelumnya, berada di Kelurahan Tumbang Rungan, Kelurahan Petuk Ketimpun, Tanjung Pinang, Marang, Petuk Bukit, dan Kelurahan Bereng Bengkel.

Sumber : TABENGAN, 7 Februari 2019