MPASI 4 Bintang untuk si Kecil

Ketika si kecil sudah menginjak usia 6 bulan, sudah saatnya bagi sang ibu untuk memperkenalkan makanan pendamping asi atau yang biasa disingkat MPASI, yang mana agar makanan tersebut dapat kaya dengan gizi dan komplit, menu tersebut harus 4 bintang.

World Health Organization atau Badan Kesehatan Dunia menganjurkan selama 14 hari, anak yang berusia 6 bulan diperkenalkan menu tunggal, kemudian dilanjutkan dengan menu 4 bintang. Lalu apa itu menu MPASI 4 bintang? MPASI 4 bintang adalah makanan yang mengandung empat unsur zat gizi yakni sayuran, karbohidrat, protein nabati, dan protein hewani.

Sayuran dapat memilih wortel, tomat, labu siam, bayam, labu jepang. Karbohidrat didapatkan dari umbi-umbian, beras putih/merah, dan kentang. Protein nabati didapatkan dari kacang polong, tahu, tempe, dan kacang merah. Sedangkan, protein hewani didapatkan dari daging sapi, daging ayam, telur, ikan, ceker, dan sebagainya.

Memberikan si kecil MPASI 4 bintang ini bertujuan untuk mencegah sang anak dari kekurangan gizi. Tentunya, agar sang anak mau mengonsumi makanan ini, orang tua harus mengolahnya sesuai selera mereka, agar mereka tertarik dan menyenangi makanan tersebut, sehingga gizi nya dapat terjaga.

Menurut Koordinator Bidang Advokasi, Penggerakan, dan Informasi (Adpin), Dison, SH, para orang tua harus bisa memperhatikan makanan sang anak ketika mulai berusia 6 bulan, hal ini karena sangat berdampak bagi pertumbuhan sang anak di masa mendatang. “Memberikan MPASI 4 bintang kepada sang buah hati sangat penting, hal ini sangat berpengaruh besar bagi perkembangan/pertumbuhan anak, agar gizi mereka terpenuhi dengan baik, jika anak tersebut nantinya tumbuh sempurna, tentu diharapkan bisa menjadi generasi emas bagi Indonesia” tutur Dison.

 

Oleh : Adithiya Wiradinatha Saputra