Perkuat Sinergitas, Perwakilan BKKBN Kalteng Gelar Pertemuan Mitra Kerja Program Bangga Kencana

Mewujudkan penduduk yang berkualitas dan tumbuh seimbang tentu merupakan tantangan besar bagi BKKBN di seluruh Indonesia, tak terkecuali Provinsi Kalimantan Tengah. Tantangan tersebut tentu sangat berkaitan erat dengan masalah stunting yang menjadi permasalah serius di Indonesia.

Sejak ditetapkannya BKKBN sebagai leading sektor dalam hal penanganan stunting oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, Perwakilan BKKBN Kalimantan Tengah  dengan sigap dan cepat bergerak menurunkan angka stunting dengan berbagai kegiatan yang tentu menyentuh masyarakat. Untuk mencapai hal tersebut, tentu merupakan pekerjaan berat dan tidak dapat diselesaikan dengan sendiri tanpa adanya bantuan dari mitra kerja terkait.

Untuk memaksimalkan sinergitas tersebut, pada hari Kamis, 15 Juli 2021, melalui platform CloudX dan Streaming Youtube, Perwakilan BKKBN Kalteng melaksanakan pertemuan bersama mitra kerja dengan tema “Pertemuan Mitra Kerja Program Bangga Kencana tingkat Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2021.” Hadir dalam acara tersebut yakni Kepala BKKBN RI, Hasto Wardoyo, untuk memberikan sambutan dan arahan melalui virtual. Hasto menekankan kemitraan sangat penting dalam mensukseskan penurunan angka stunting khususnya di Provinsi Kalimantan Tengah, karena melalui kemitraan program Bangga Kencana hingga ke tingkat lini lapangan dapat tercapai maksimal.

Dalam acara ini, terdapat 3 narasumber yang berasal dari kemitraan yakni Ketua TP PKK Provinsi Kalimantan Tengah, Ibu Ivo Sugianto Sabran, Ketua GPPI Kotawaringin Timur, Ir. H Siswanto, dan Dokter Klinik PT Windu Nabatindo Lestari, dr. Eddy Waluyo. Acara ini di moderatori langsung oleh Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Tengah, Mhd.Irzal, SE., ME Ketiga narasumber tersebut membawakan materi dengan judul yang berkaitan dengan stunting dan berbagai cara mencegahnya.       Sesi pertemuan ini sangat menarik karena dihadiri oleh berbagai peserta yang berasal dari berbagai kalangan dengan total lebih dari 100 partisipan. Hadir secara langsung untuk di aula Perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Tengah, yakni dari unsur Biddokes Polda Kalteng, Bhayangkari, Persit, Dinas P3AP2KB, serta unsur kemitraan lainnya.

Menurut Koordinator Bidang Adpin yang juga sekaligus menjadi ketua pelaksana kegiatan, mengatakan bahwa masalah Stunting di Kalimantan Tengah merupakan salah satu masalah yang perlu mendapatkan perhatian serius, dan tentu diperlukan kerjasama degan mitra kerja dalam hal memberikan edukasi, pemahaman, serta pelayanan kepada masyarakat hingga ke tingkat akar rumput. Beliau berharap, acara kemitraan seperti ini lebih ditingkatkan lagi, sehingga dapat menekan angka stunting di Provinsi Kalimantan Tengah.

 

Oleh : Adithiya Wiradinatha Saputra