Virtual Expo UPPKA tingkat Nasional, Kalteng Perkenalkan Produk Lokal

 

Hari Keluarga Nasional atau yang biasa disingkat Harganas merupakan acara yang diperingati setiap tanggal 29 Juni, yang mana untuk memeriahkan puncak menjelang peringatan Harganas tersebut diselenggarakan berbagai macam kegiatan salah satunya adalah kegiatan expo/gelar dagang yang diselenggarakan pada hari ini (Rabu, 23 Juni 2021).

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya yang diselenggarakan secara tatap muka (offline), Harganas ke-28 tahun ini diselenggarakan secara sederhana yakni melalui virtual, namun walaupun demikian tidak mengurangi makna dari Harganas tersebut. Untuk memeriahkan peringatan Harganas tahun ini, Kalimantan Tengah memperkenalkan produk-produl lokal khas yang mana memiliki keunikan tersendiri dan tentu berbeda dari daerah lain. Dalam kegiatan ini, terdapat 3 UPPKA dari Kalimantan Tengah yang mengikuti virtual Expo yakni UPPKA Tampung Parei, UPPKA Sehat Sejahtera, dan UPPKA Hinje Lenge Kreatif. Ketiga UPPKA ini masing-masing membawa produk yang mereka produksi, seperti bahan anyaman rotan, obat/kayu herbal, produk olahan ikan, dan lain sebagainya.

Menurut Sub Koordinator Pemberdayaan Ekonomi Keluarga, Lili Irianti SH, kegiatan ini merupakan acara yang sangat baik untuk dilaksanakan karena dapat memperkenalkan/mempromosi produk kepada orang lain yang bertujuan untuk mendapat nilai jual lebih banyak sehingga pendapatan keluarga kelompok UPPKA dapat meningkat. “Memang kegiatan tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya karena adanya pandemi COVID-19, namun walaupun demikian tidak mengurangi semangat kita untuk memperkenalkan produk-produk hasil karya kelompok UPPKA via virtual dalam rangka meningkatkan pendapatan ekonomi keluarga akseptor,” tegas Lili.

 

Oleh : Adithiya Wiradinatha Saputra