Pentingnya Remaja yang Sehat dan Bersih

Di usia remaja, kebersihan dan kesehatan sangat penting untuk dijaga. Ini erat kaitannya dengan masa pubertas yang dialami oleh remaja yang mana di masa pubertas tubuh mulai memproduksi minyak dan mulai mengeluarkan lebih banyak keringat. Jika minyak dan keringat ini tidak segera dibersihkan secara teratur, maka dapat menimbulkan aroma tidak sedap dan juga dapat menimbulkan penyakit.

Kebersihan dan kesehatan diri seorang remaja perlu diperhatikan mulai dari rambut, kulit, badan, gigi, alat kelamin, dan pakaian. Selain itu, untuk meningkatkan kondisi tubuh, dapat dilakukan dengan cara berolahraga dan istirahat yang cukup.

 

a. Rambut

Agar rambut selalu sehat, keramas dapat dilakukan sekurang-kurangnyanya 2x dalam seminggu dan tentunya menggunakan shampo yang sesuai/cocok.

b. Jerawat

Jerawat umumnya merupakan penyakit kulit yang biasa menjadi masalah oleh para remaja. Jerawat terjadi pada saat saluran/pori-pori kulit tersumbat, hal ini disebabkan karena produksi minyak meningkat yang jika tidak dibersihkan dapat menumpuk dan menimbulkan jerawat.

c. Keringat

Keringat merupakan hal normal dan penting untuk menjaga suhu tubuh. Di usia pubertas produksi meningkat, sehingga jika bercampur dengan kotoran atau daki dan bakteri akan membuat tubuh memproduksi aroma yang tidak sedap. Masalah ini dapat diatasi dengan cara mandi ataupun menggunakan produk yang dapat mencegah timbulnya bau badan, seperti deodoran, bedak, ataupun cara tradisional seperti air rendaman kapur sirih.

d. Merawat alat kelamin

Alat kelamin adalah milik pribadi kita dan juga berperan penting dalam proses reproduksi. Sehingga harus dirawat dan dibersihkan dengan baik, sebab jika tidak dibersihkan akan menimbulkan infeksi.

e. Kebersihan pakaian

Pakaian yang bersih akan membuat kita merasa nyaman menggunakannya, enak dipandang dan juga menambah rasa percaya diri. Bila jarang mengganti pakaian akan menyebabkan kotor bahkan juga dapat timbul jamur pada pakaian.

f. Istirahat

Tidur diperlukan tubuh untuk menggantikan bagian-bagian tubuh yang usang, menghilangkan ketegangan atau stress dan membuat badan menjadi segar kembali. Durasi tidur yang normal yakni 6-8 jam. Tidur dalam jumlah yang cukup, penting bagi kesehatan fisik dan emosional.

g. Olahraga

Olahraga merupakan upaya untuk menjaga kesehatan karena akan membuat tubuh menjadi bugar, kuat dan lentur. Selain itu juga dapat memelihara berat badan, menambah tenaga, memperbaiki sirkulasi tubuh, memperkuat tulang dan otot.

 

Oleh : Adithiya Wiradinatha Saputra